Sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah

Diposting oleh Ibrahimz Fisabilillah pada 11:50, 03-Jun-12

Di: Kajian Islami

Sifat Wajib, Mustahil, dan Jaiz bagi Allah


Assalamu'alaikum wr.wb
Sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah atau sifat yang wajib ada pada Allah disebut sifat wajib. Sedangkan sifat mustahil adalah sifat-sifat yang pasti tidak dimiliki oleh Allah dan wajib tidak ada pada Allah. Di antara sifat-sifat wajib dan sifat mustahil bagi Allah SWT. Yaitu:
Sifat Wajib Allah
1. Wujud artinya ada
2. Qidãm berarti Terdahulu
3. Baqa' artinya Kekal
4. Mukhalafu lil hawãditsi, artinya Berbeda Dengan Mahluk-Nya (ciptaan-Nya).
5. Qiyãmuhu binafsihi artinya Berdiri Sendiri
6. Wahdãniyah artinya Esa
7. Qudrat artinya Mahakuasa
8. Irãdat artinya Berkehendak
9. 'Ilmu artinya Mengetahui
10. Hayat artinya Hidup
11. Sama' artinya Mendengar
12. Basar artinya Melihat
13. Kalãm artinya Maha Berfirman.
14. Qadiran artinya Mahakuasa
15. Muridan artinya Maha Berkehendak
16. Aliman artinya Maha Mengetahui
17. Hayyan artinya Maha hidup
18. Sami’an artinya Maha Mendengar
19. Bashiran artinya Maha Melihat
20. Mutakalliman artinya Maha Berkata-kata.
Sifat Mustahil Allah
1. Adãm artinya Tidak ada
2. Hudus artinya baru
3. Fana artinya Rusak
4. Mumãtsalatsu lil hawãditsi, artinya Sama dengan makhluk yang lain atau hal yang baru.
5. Ihtiyãjun ilã gairihi artinya Membutuhkan makhluk lain.
6. Ta'addud artinya berjumlah
7. 'Ajzun artinya Lemah
8. Karãhah artinya Terpaksa
9. Jahlun artinya Bodoh
10. Mautun artinya Mati
11. Summun artinya Tuli
12. 'Umyun artinya Buta
13. Bukmun artinya Bisu.
14. ‘Ajizan artinya Mahalemah
15. Mukrahan artinya Maha terpaksa
16. Jahilan artinya Mahabodoh
17. Mayyitan artinya Mahamati
18. Ashamma artinya Mahatuli
19. A’ma artinya Mahabuta
20. Abkama artinya Maha
Sifat Jaiz Allah
Selain sifat-sifat di atas Allah juga mempunyai sifat jaiz, yaitu sifat yang mungkin boleh dimiliki dan boleh tidak dimiliki oleh Allah SWT.
Sifat Jaiz Allah hanya ada satu yaitu Fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu, artinya memperbuat sesuatu yang mungkin terjadi atau tidak memperbuatnya. Maksudnya Allah itu berwenang untuk menciptakan dan berbuat sesuatu atau tidak sesuai dengan kehendak-Nya.

Semoga Bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

53 tanggapan untuk "Sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah"

daenk™ pada 12:34, 03-Jun-12

Mantep om,
jika berkenan datang balik kelapak ane yah biggrin

Mugiyanto|Cah Sialang pada 12:49, 03-Jun-12

sifat jaiz nya mana nih sob..?

Cah_Sundanese™ | Ibrahimz.Net pada 12:52, 03-Jun-12

@Mugiyanto|Cah Sialang, setahu ane sifat jaiz Allah itu hanya Allah sendiri yang tahu..

Rexo Wijonarko S.P pada 12:55, 03-Jun-12

good post gan, sbg pengingat krna ane sdh sdikit agak lupa.

KIRA pada 13:07, 03-Jun-12

Utk mslh bonus sms,ke sesama dapt bonus full sms kya biasa,kalo ke lain operator di kurangi bonus smsnya gtu sob hahay

Adhy D pada 13:22, 03-Jun-12

kunjungan siang sekalian nyimak gan, soalnya agak lupa mrgreen

Andi Simatupang pada 13:33, 03-Jun-12

thx info'a

Cah_Sundanese™ | Ibrahimz.Net pada 13:33, 03-Jun-12

@Adhy D, iya sob, seperti pngunjung lainnya.. Smoga hafal kembali ya!

Cah_Sundanese™ | Ibrahimz.Net pada 13:34, 03-Jun-12

@Andi Simatupang, sama-sama

ZakiyChastasia pada 13:54, 03-Jun-12

Subhanallah...
Ane tunggu folbecknya

Uciha_maldy pada 14:19, 03-Jun-12

harus dihafal gansmile

hermawan_ajja pada 15:06, 03-Jun-12

nyimak

Pissat pada 15:07, 03-Jun-12

wah jadi ingat waktu sekalah di santren dulu gan...
Alhamdulliah sampa skrg masih hafal kang...

Wahidin pada 17:08, 03-Jun-12

sangat jelas sekali kang..

Nah.. Kalau arti "dunia fana" itu apa kang

Anna Netter's pada 17:58, 03-Jun-12

Ajibb Gan, info'na mantapph

http://www.priangan.net

Cah_Sundanese™ | Ibrahimz.Net pada 19:26, 03-Jun-12

@Wahidin, dunia fana itu dunia rusak atau tidak akan kekal, hanya sementara. Kecuali dunia akhirat.

orgil™ pada 22:46, 03-Jun-12

kunjungan malm masta, ijin ngsave. Thx

Barlians pada 23:24, 03-Jun-12

ada css baru sob..smile

Kaleb pada 09:40, 04-Jun-12

kunjungan siang sob biggrin

Zazat curink pada 03:01, 26-Jun-12

wah. Kren.
tapi sayang. Itu wajib .ada yng kurang dan mustahil ada yng kurang juga?

Sob ente anak santri/ponpes bukan?

Lw ente bukan.anak ponpes.atw ente ank ponpes. Knp. Itu ada yng kurang. Itu gak bener.!
masa sifat tuhan ada yng kurang si.

Sem0ga di mengerti. Saya bukan mencri k.marahan. Tpi saya mencri k.damayan.kita semua

lw smpet bls di blog ane

rahmand pada 11:47, 11-Sep-12

mantap sekali info nya

alfa'iz_aja pada 11:52, 11-Sep-12

terimakasi untuk info nya

rangga dwi mahendra pada 10:18, 23-Sep-12

kok gak ada artinya jaiz payahhhhhhhh

Ibrahimz Fisabilillah pada 22:59, 24-Sep-12

@rangga dwi mahendra, maaf sahabat, saya bukan ustadz ataupun kyai, saya juga masih belajar. Kalo sahabat ingin tau lebih dalam silahkan tanyakan kepada yang lebih tau..
Terima kasih

rbmislamudhint@yahoo.co.id pada 20:39, 29-Okt-12

thank's ..

laila iswandari pada 02:52, 13-Nov-12

jazakallah

firman comunity pada 18:26, 17-Mar-13

bagus smile)

rizky medeira luis sullivan pada 17:39, 19-Mar-13

mantap smile

@Almastd pada 16:49, 29-Mar-13

Makasih smile

DICKY ANAK TABANAN LIKE pada 19:19, 04-Apr-13

ia bermanfaat bwanget biggrin

ADE PUTRI pada 13:12, 05-Apr-13

wihh matep Sob lengkap semua
Assalamualaikum

ADE PUTRI #kecebadai pada 13:13, 05-Apr-13

makasih sekali lg ya sob tambah yg byk pengetahuannya smile

sonia pada 13:14, 05-Apr-13

mantepp smile

slamet pada 06:48, 12-Apr-13

Coba
Ada
Bahasa arabnya, tambah sip

herul pada 19:54, 28-Mei-13

terima kasih

Lisdiana Prie Anggani pada 20:17, 16-Jul-13

Makasih banget (>.<wink

NENNI PRATIWI pada 14:44, 04-Sep-13

Makasihh

Ryan ZR pada 18:11, 12-Sep-13

jumlah sifat jaiz ada berapa mas ??

mampir http://yantasik.blogspot.com

Ibrahimz Fisabilillah pada 13:00, 13-Sep-13

@Ryan ZR,
Sifat jaiz itu sifat yg boleh dimiliki oleh Allah SWT. Atau lebih Jelasnya, tidak seorangpun dari makhluk Allah yang berhak untuk memaksa Allah untuk melaksanakan atau meninggalkan sesuatu. Karena Allah adalah Dzat yang Maha Kuasa. Kekuasaanya tidak bisa dipaksa.

midya pada 19:13, 13-Sep-13

muaanteeb reck(~..~)

fahri pada 19:48, 20-Sep-13

ahmadfahribae@gmail.com

yunita pada 19:38, 21-Sep-13

di hafalin nihh, bismillah

Novi Widyawati pada 17:16, 24-Sep-13

aku bisa belajar dengan ini

Lisa pada 18:48, 20-Okt-13

>. trimahkasih...

andayani pada 17:11, 03-Nov-13

terimah kasi yah jdi aku bsa menghafal dhe..

andayani pada 17:13, 03-Nov-13

terimah kasih yha jdi aq bsa menghafal dhe..

tiara pada 15:08, 10-Des-13

sifat jaiz nya kasih bahasa arab nya dong..

Thika Duasembilan'agustusch pada 14:30, 06-Mar-14

thankzz nhaa sob atas informasix. . biggrin
. sifat* allah membuatq + pintarr..


smile cool wink :* biggrin

lala pada 19:29, 13-Mei-14

Lengkap

dini pada 23:09, 13-Mei-14

sungguh mantap wink

Noeey Madina pada 19:34, 22-Mei-14

Qudrah & Qadiran artinya sama yah ?

Citra pada 17:43, 23-Mei-14

Thanks

zaidan pada 18:23, 24-Agu-14

kq di bagian sifat mustahil yg abkama no.20 gak ada artinya,ya?

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar