Sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah

by Ibrahimz Fisabilillah on 11:50 AM, 03-Jun-12

Category: Kajian Islami

Sifat Wajib, Mustahil, dan Jaiz bagi Allah


Assalamu'alaikum wr.wb
Sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah atau sifat yang wajib ada pada Allah disebut sifat wajib. Sedangkan sifat mustahil adalah sifat-sifat yang pasti tidak dimiliki oleh Allah dan wajib tidak ada pada Allah. Di antara sifat-sifat wajib dan sifat mustahil bagi Allah SWT. Yaitu:
Sifat Wajib Allah
1. Wujud artinya ada
2. Qidãm berarti Terdahulu
3. Baqa' artinya Kekal
4. Mukhalafu lil hawãditsi, artinya Berbeda Dengan Mahluk-Nya (ciptaan-Nya).
5. Qiyãmuhu binafsihi artinya Berdiri Sendiri
6. Wahdãniyah artinya Esa
7. Qudrat artinya Mahakuasa
8. Irãdat artinya Berkehendak
9. 'Ilmu artinya Mengetahui
10. Hayat artinya Hidup
11. Sama' artinya Mendengar
12. Basar artinya Melihat
13. Kalãm artinya Maha Berfirman.
14. Qadiran artinya Mahakuasa
15. Muridan artinya Maha Berkehendak
16. Aliman artinya Maha Mengetahui
17. Hayyan artinya Maha hidup
18. Sami’an artinya Maha Mendengar
19. Bashiran artinya Maha Melihat
20. Mutakalliman artinya Maha Berkata-kata.
Sifat Mustahil Allah
1. Adãm artinya Tidak ada
2. Hudus artinya baru
3. Fana artinya Rusak
4. Mumãtsalatsu lil hawãditsi, artinya Sama dengan makhluk yang lain atau hal yang baru.
5. Ihtiyãjun ilã gairihi artinya Membutuhkan makhluk lain.
6. Ta'addud artinya berjumlah
7. 'Ajzun artinya Lemah
8. Karãhah artinya Terpaksa
9. Jahlun artinya Bodoh
10. Mautun artinya Mati
11. Summun artinya Tuli
12. 'Umyun artinya Buta
13. Bukmun artinya Bisu.
14. ‘Ajizan artinya Mahalemah
15. Mukrahan artinya Maha terpaksa
16. Jahilan artinya Mahabodoh
17. Mayyitan artinya Mahamati
18. Ashamma artinya Mahatuli
19. A’ma artinya Mahabuta
20. Abkama artinya Maha
Sifat Jaiz Allah
Selain sifat-sifat di atas Allah juga mempunyai sifat jaiz, yaitu sifat yang mungkin boleh dimiliki dan boleh tidak dimiliki oleh Allah SWT.
Sifat Jaiz Allah hanya ada satu yaitu Fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu, artinya memperbuat sesuatu yang mungkin terjadi atau tidak memperbuatnya. Maksudnya Allah itu berwenang untuk menciptakan dan berbuat sesuatu atau tidak sesuai dengan kehendak-Nya.

Semoga Bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

48 responses to "Sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah"

daenk™ [12:34 PM, 03-Jun-12]

Mantep om,
jika berkenan datang balik kelapak ane yah biggrin

Mugiyanto|Cah Sialang [12:49 PM, 03-Jun-12]

sifat jaiz nya mana nih sob..?

Cah_Sundanese™ | Ibrahimz.Net [12:52 PM, 03-Jun-12]

@Mugiyanto|Cah Sialang, setahu ane sifat jaiz Allah itu hanya Allah sendiri yang tahu..

Rexo Wijonarko S.P [12:55 PM, 03-Jun-12]

good post gan, sbg pengingat krna ane sdh sdikit agak lupa.

KIRA [01:07 PM, 03-Jun-12]

Utk mslh bonus sms,ke sesama dapt bonus full sms kya biasa,kalo ke lain operator di kurangi bonus smsnya gtu sob hahay

Adhy D [01:22 PM, 03-Jun-12]

kunjungan siang sekalian nyimak gan, soalnya agak lupa mrgreen

Andi Simatupang [01:33 PM, 03-Jun-12]

thx info'a

Cah_Sundanese™ | Ibrahimz.Net [01:33 PM, 03-Jun-12]

@Adhy D, iya sob, seperti pngunjung lainnya.. Smoga hafal kembali ya!

Cah_Sundanese™ | Ibrahimz.Net [01:34 PM, 03-Jun-12]

@Andi Simatupang, sama-sama

ZakiyChastasia [01:54 PM, 03-Jun-12]

Subhanallah...
Ane tunggu folbecknya

Uciha_maldy [02:19 PM, 03-Jun-12]

harus dihafal gansmile

hermawan_ajja [03:06 PM, 03-Jun-12]

nyimak

Pissat [03:07 PM, 03-Jun-12]

wah jadi ingat waktu sekalah di santren dulu gan...
Alhamdulliah sampa skrg masih hafal kang...

Wahidin [05:08 PM, 03-Jun-12]

sangat jelas sekali kang..

Nah.. Kalau arti "dunia fana" itu apa kang

Anna Netter's [05:58 PM, 03-Jun-12]

Ajibb Gan, info'na mantapph

http://www.priangan.net

Cah_Sundanese™ | Ibrahimz.Net [07:26 PM, 03-Jun-12]

@Wahidin, dunia fana itu dunia rusak atau tidak akan kekal, hanya sementara. Kecuali dunia akhirat.

orgil™ [10:46 PM, 03-Jun-12]

kunjungan malm masta, ijin ngsave. Thx

Barlians [11:24 PM, 03-Jun-12]

ada css baru sob..smile

Kaleb [09:40 AM, 04-Jun-12]

kunjungan siang sob biggrin

Zazat curink [03:01 AM, 26-Jun-12]

wah. Kren.
tapi sayang. Itu wajib .ada yng kurang dan mustahil ada yng kurang juga?

Sob ente anak santri/ponpes bukan?

Lw ente bukan.anak ponpes.atw ente ank ponpes. Knp. Itu ada yng kurang. Itu gak bener.!
masa sifat tuhan ada yng kurang si.

Sem0ga di mengerti. Saya bukan mencri k.marahan. Tpi saya mencri k.damayan.kita semua

lw smpet bls di blog ane

rahmand [11:47 AM, 11-Sep-12]

mantap sekali info nya

alfa'iz_aja [11:52 AM, 11-Sep-12]

terimakasi untuk info nya

rangga dwi mahendra [10:18 AM, 23-Sep-12]

kok gak ada artinya jaiz payahhhhhhhh

Ibrahimz Fisabilillah [10:59 PM, 24-Sep-12]

@rangga dwi mahendra, maaf sahabat, saya bukan ustadz ataupun kyai, saya juga masih belajar. Kalo sahabat ingin tau lebih dalam silahkan tanyakan kepada yang lebih tau..
Terima kasih

rbmislamudhint@yahoo.co.id [08:39 PM, 29-Oct-12]

thank's ..

laila iswandari [02:52 AM, 13-Nov-12]

jazakallah

firman comunity [06:26 PM, 17-Mar-13]

bagus smile)

rizky medeira luis sullivan [05:39 PM, 19-Mar-13]

mantap smile

@Almastd [04:49 PM, 29-Mar-13]

Makasih smile

DICKY ANAK TABANAN LIKE [07:19 PM, 04-Apr-13]

ia bermanfaat bwanget biggrin

ADE PUTRI [01:12 PM, 05-Apr-13]

wihh matep Sob lengkap semua
Assalamualaikum

ADE PUTRI #kecebadai [01:13 PM, 05-Apr-13]

makasih sekali lg ya sob tambah yg byk pengetahuannya smile

sonia [01:14 PM, 05-Apr-13]

mantepp smile

slamet [06:48 AM, 12-Apr-13]

Coba
Ada
Bahasa arabnya, tambah sip

herul [07:54 PM, 28-May-13]

terima kasih

Lisdiana Prie Anggani [08:17 PM, 16-Jul-13]

Makasih banget (>.<wink

NENNI PRATIWI [02:44 PM, 04-Sep-13]

Makasihh

Ryan ZR [06:11 PM, 12-Sep-13]

jumlah sifat jaiz ada berapa mas ??

mampir http://yantasik.blogspot.com

Ibrahimz Fisabilillah [01:00 PM, 13-Sep-13]

@Ryan ZR,
Sifat jaiz itu sifat yg boleh dimiliki oleh Allah SWT. Atau lebih Jelasnya, tidak seorangpun dari makhluk Allah yang berhak untuk memaksa Allah untuk melaksanakan atau meninggalkan sesuatu. Karena Allah adalah Dzat yang Maha Kuasa. Kekuasaanya tidak bisa dipaksa.

midya [07:13 PM, 13-Sep-13]

muaanteeb reck(~..~)

fahri [07:48 PM, 20-Sep-13]

ahmadfahribae@gmail.com

yunita [07:38 PM, 21-Sep-13]

di hafalin nihh, bismillah

Novi Widyawati [05:16 PM, 24-Sep-13]

aku bisa belajar dengan ini

Lisa [06:48 PM, 20-Oct-13]

>. trimahkasih...

andayani [05:11 PM, 03-Nov-13]

terimah kasi yah jdi aku bsa menghafal dhe..

andayani [05:13 PM, 03-Nov-13]

terimah kasih yha jdi aq bsa menghafal dhe..

tiara [03:08 PM, 10-Dec-13]

sifat jaiz nya kasih bahasa arab nya dong..

Thika Duasembilan'agustusch [02:30 PM, 06-Mar-14]

thankzz nhaa sob atas informasix. . biggrin
. sifat* allah membuatq + pintarr..


smile cool wink :* biggrin

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images